Tugas T.I.K

blogger templates


Bab 1

Bab 1
1. Internet adalah singkatan dari Interconnection Network  yang secara hafiah berarti  antar jaringan computer (network)
2. Interner secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari  jaringan komputer  yang terhubung dan bekerja sebagai system.
3. Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena muenghubungkan seluruh jaringan computer yang ada didunia.
4.  Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP)
5.  Intranet adalah sekumpulan jaringan computer lokal yang menggunakan perangkat  lunak Internet dan Protokol TCP/IP atau HTTP.
6.  Sejarah internet.
     DISINI
7. Web adalah sekumpulan computer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel.
8. WWW singkatan dari World Wide Web yang merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal di seluruh dunia.
9. Web Site adalah sebuah alamat WWW yang menyediakan informasi tertentu. Seperti :www.facebook.com , www.google.com , www.mobile9.com
10. Web Page yaitu bagian dari web site yang meupakan lembaran-lembaran halaman sebuah web site.
11.  Home Page adalah halaman muka sebuah web site, berisi link-link ke halaman yang lain dalam website yang sama atau web site lainnya.
12.  Browser adalah aplikasi di internet yang di pakai untuk menjelajah didunia internet,  seperti : Internet Explorer, Mozilla firefox , Google Chrome, Dll.
13. Download adalah pengambilan data atau informasi dari sebuah web site untk ditampilkan atau disimpan di computer pengguna
14. Upload adalah pengirim data dan informasi dari komputer pengguna kesuatu web.
15. E-mail adalah surat elektonik yang dapat dikiri dan diterima melalui internet.
16. Universal Resources Locator kepanjangan dari URL, yaitu penanaman alamat situs web. Sering pula dinamakan Internet Adress (alamat internet).
17. Client adalah komputer pengakses Internet, biasanya dipakai oleh pengguna.
18. Server adalah  komputer penyedia data dan informasi yang akan diakses oleh client.
19. Modulator Demodulator singkatnya Modem, yang merupakan alat yang diperlukan oleh sebuah computer untuk  menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan internet.
20. Search Engine adalah maesin pencari data, informasi, alamat web site lain melalaui input kata kunci dan fitur lainnya.
21. Chatting adalah ngobrol di internet, baik melalui tulisan atau, suara, maupun video sperti berbicara bertatapan muka.
22. Keunggulan Internet : 
  1. Informasi tak terbatas
  2. Biaya akses cukup murah
  3. Melakukan komunikasi secara cepat
23.  Kelemahan internet:
  1.  Adanya penyebaran virus internet  melalui internet.
  2.  Banyaknya pengguna yang mengakses intrernet akan memperlamabat akses internet.
24.  Satuan kecepatan akses internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second).  1 kilobits sama dengan 1.000 bits dan 1 megabits sama dengan 1.000.000 bits.
25.  Kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakannya, yaitu :
       A. Kecepatan Akses Internet dengan Dial Up melalui PSTN.
       B. Kecepatan Akses Internet dengan ADSL
       C. Kecepatan Akses Internet dengan GPRS
       D. Kecepatan Akses internet dengan 3G
       E. kecepatan Akses Internet  dengan WIFI
       F. Kecepatan Akses Internet dengan Wireles Broadband
       G. Kecepatan  Akses internet dengan LAN (local Area Network)
       H. Kecepatan Akses Internet dengan TV kabel

Bab 2

BAB 2
1.  Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang menghubung-     hubungkan dengan menggunakan protokol Transmisson Control Protocol (TCP/IP).
2.  Jaringan Komputer Local (Local Area Network atau LAN) yaitu merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Jarak yg dapat dijangkau oleh LAN  kurang lebi 10 Kilometer.
3.  Jaringan Komputer  Metropolitan (Metropolitan Area Network atau MAN) merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN. Jarak maksimum yang dapat dijangkau oleh MAN adalah  80 Km.
4.  Jaringan Komputer skala Luas (Wide Area Network atau WAN), yaitu jaringan yang mempunyai                  jangkauan area sangat luas, misalnya antar pulau, Negara, Benua, bahkan ke luar angkasa. Contoh WAN      yang sangat terkenal adalah Intenet.
5   Interjaringan (Interconnection Network atau Internet), merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung .
6.  Perngakat keras (Hardware) yang digunakan untuk menghubungkan computer ke internet dgn hubungan dial up, yaitu : Unit komputer, Modem, dan jaringan telepon
7.  Leased Line adalah jalur (telepon) yang digantikan menjadi jalur internet.  Hubungan leased line hamper        sama dengan hubungan dial up, tetapi leased line menggunakan hardware tambahan yaitu router .  Router      adalah jenis khusus dari komputer yang secara dasar mempunyai komponen yang sama dengan komputer      , seperti  CPU, memory, system BUS, dan berbagai perantara input atau output.
8.  Hubungan wireless  sama dengan hubungan leased line. Perbedaannya terletak pada media yang                    digunakan. Jika leased line mengunakan kabel telepon , maka wireless menggunakan gelombang radio          untuk mengirimkan dan menerima datanya.
9.  Hubungan VSAT(Very Small Aperture Terminal) memungkinkan terjadinya komunikasi data melalui              satelit. Perangakat keras yang di gunakan dalam hubungan VSAT yaitu :
     a.) Hub Station
     b.) Remote station. Remote station memliki komponen-komponen yaitu : Outdor unit, Up/Down                    c.) Onverter , serta indoor unit.
     d.) Satelit Geostasioner
10. Jaringan komputer adla sebuah sisten yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang             bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
11. Client-server adalah jaringan komputer dengan komputer yang didekasikan khusus sebagai server.
12. Peer to peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client         secara bersamaan.
13. Berdasrakan topologinya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi :
      a.) Topologi Bus
      b). Topologi Bintan (star)
      c.) Topologi cincin (ring)
      d.) Topologi mesh
      e.) Topologi  pohon (tree)

- Topologi Bus

- Topologi Bintang (star)
 
-Topologi cincin (ring)

 
-Topologi Mesh
-Topologi Pohon


modem external : 
antena modem: 



Bab 3

1.  Perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengakses internet  disebut browser, diantaranya :        Internet Explorer, Mozilla firefox, Opera, Google Chrome, dll.
2.  Internet Explorer merupakan browser bawaan dari system operasi windows yang banyak  digunakan            oleh para pengakses internet .
3.  Kelebihan Internet Explorer adalah tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar, sudah                  terinstall secara otomatis dalam system operasi windows, dan sudah teritegrasi dengan microsotft outlook      ataupun outlook express sehingga lebih memudahkan untuk mengirimm dan membaca email.
4.  Mozilla Firefox adalah penjelajah web antarplatfrom gratis yang dii kembangkan oleh yayasan Mozilla            dan ratusan sukarelawan.
5. Kelebihan dari Mozilla Firefox adalah ukuran apikasi yang relatif lebih kecil (sektar 4,5 Mb ) mendukng         berbagai jenis shortcut untuk aksi, memiliki fitur organisasi bookmark, an fiturnya lebih banyak dari               internet explorer.
6. Komponen yang ada pada internet explore adalah : Back, Forward, stop, refresh, home, search,                   Favorites, History, Mail, Print, Word Editing, Go To, Adress.
7. Mesin pencari (search engine) merupakan situs tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat       web site atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi .
8. Mesin  pencari google. Google merupakan mesin pencara yang dangat tekenal dan banyak digunakan           oleh orang banyak. Alamat web site google adalah http://www.google.com untuk layanan dalam ahasa           inggris atau http://www.google.co.id untuk kayan bahas inggris,
9. Altavista merupan mesin pencari terbesar yang mampu menampilkan informasi dan basis dan situs lain.Alamat mesin pencari Altavista dapat diakeses pada alamat http://www.altavista.com
10. Excite merupakan salah satu mesin  pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita,audio,dan video. Alamat web site excite adalah http://www.excite.com
11. Mesin pencari Yahoo dapat diakses di alamat http://www.yahoo.com umtuk layan bahasa inggris dan http://www.yahoo.co.id untuk layanan dalam bahasa Indonesia.
12. Mesin pencari schirus adalah mesin pencari khusus pengetahuan. Alamt situsnya adalah http://www.scirus.com
13. FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. Alamat situsnya adalah http://finqoo.com
14. Altheweb dapat digunakan  untuk mencari informasi di situs-situs internet. Selain itu, Altheweb juga dilengkapi dengan kemampuan mencari I formasi berupa gambar,video,MP3,dan File FTP. Alamatnya adalah : http://www.Altheweb.com
15. E-Mail (surat Elektronik). Fasilitas e-mail adalah fasilitas untuk mengirim data dan menerima pesan.Email memliki fungsi yang sama dengan pengiriman surat melalui Kantor Pos.
16. Mailing list adalah group diskusi yang ada di internet, dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. Secara sederhana, mailing list adalah sebuah daftar alamat email orang-orang yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama.
17. Kata dasar chatting adalah chat artinya berbincang atau ngobrol.
18. FTP (file transfer protocol) fasilitas untuk mengerimkan berkas (file) ke siapa saja melalui internet.
19. Telnet adalah fasilitas untuk mengakses sebuah komoputer dalam jaringan internet sperti selayaknya kamu bekerja pada komputer kamu sendri.
20. Teleconference (konferensi  jarak jauh) fasilitas chatting yang terus dikembangkan samapai tecipta voice chat. Tujuannya adalah agar para pengakses yang menggunakan internet dapat melalukan percakapan jarak jauh dengan salinh memandan satu sama lain.

Bab 4

1. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar pencarian atau akses Internet adalah                     menghindari jam sibuk, menambahkan cache browser, tidak menampilkan animasi dan multimedia,                 menggunakan fungsi klik kanan, dan menyimpan situs favorit.
2. Membuka jendela baru pada browser bisa dilakukan dengan cara tekan Ctrl + N atau klik menu File             pilih New.
3. Jika anda menemukan sebuah situs atau halaman web yang menarik dan berencana untuk mengunjunginya     kembali pada suatu waktu. Sebaiknya anda memasukannya kedalam daftar favorit.
4. Offline browsing adalah sebuah cara untuk menghemat pengguna waktu online. Dengan ini kamu dapat         menimpan sebuah dokumen web (lengkap dengan link dan isinya) ketika sedang online (terhubung ke           Internet)  agar dapat dibuka kembali kapan saja meskipun keadaan offline.
5. Halaman web yang telah tersimpan di harddisk komputer, sewaktu-waktu dapat dinuka kembali tanpa           harus melakukan koneksi ke internet.
6. Mencari data atau informasi di internet memerlukan bantuan perangkat lunak yang disebut mesin pencari       atau search engine.
7. Mesin pencari yang paling banyak diminati adalah mesin pencari google dengan nama  situs                           www.google.com untuk versi bahasa inggris atau www.goggle.co.id untuk versi bahasa Indonesia.
8. Dalam menggunakan search engine Google, and adapt melakukan penelusuran lanjutan. Dengan                   penelusuran ini kamu dapat mencari informasi yang lebih spesifik.
9. Salah satu fasilitas yang ada di di intenet yaitu E-mail. Dengan menggunakan e-mail, kamu dapat                   mengirimkan pesan, surat, atau gambardalam  bentuk digital kepada orang lain yang juga memiliki alamat       e-mail pribadi.
10. Agara dapat menggunakan fasilitas e-mail, kita harus mempunyai alamat e-mail pribadi bada situs                   tertentu.
11. Jika telah mempunyai alamat e-mail pribadi, kita dapat langsunglogin tanpa harus mendaftar dulu.
12. Salah satu Web site atau situs penyedia layanan e-mail adalah Yahoo.
13. Surat elektronik atau pos elektronik dalam bahasa inggris disebut e-mail.
14. E-mail adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.
15. E-mail sudah dipakai pada 1960-an. Pada saat itu, internet belum terbentuk, yang ada hanyalah                     kumpulan “mainframe” yang terbentuk sebagai jaringan.
16. Mulai 1980-an, e-mail udah dapat dinikmati oleh khalayak umum. Hal ini mengakibatkan banyak                   perusahaan pos di berbagai Negara yang penghasilannya menurun karena masyarakat sudah tidak                 memakai jasa pos lagi.
17. Untuk mengirim email, kita memerlukan suatu program mail-client.
18. Jika email yang kita kirim mengandung isi yang sensitive, sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan       dengan cara mengacak (enkrip) data dalam e-mail.
19. Dalam menggunakan e-mail harus mengetahui atik-etika tertentu.
20. Etika dalam menggunakan e-mail sama dengan etika dalam menulis surat biasa.

Bab 5

 1. Software Microsoft PowerPoint pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin.
 2. Pada tahun 1987,PowerPoint versi 1.0 dirilis,disusul oleh versi lainnya sampai sekarang.
 3. Saat rilisnya PowerPoint 1.0, warnanya masih menggunakan warna hitam dan putih.
 4. Microsoft PowerPoint merupakan program aplikasi yang akan membantu penyusunan presentasi yang          efektif,menarik,dan profesional
 5. Cara mengaktifkan Microsoft PowerPoint :
     Start -> Program -> Microsoft Office -> Microsoft PowerPoint
 6. Cara menutup Microsoft PowerPoint
     Menu File -> Exit
 7. Komponen yang ada pada jendela Microsoft Office 2003 :
      - Tittle Bar : judul dari dokumen yang sedang dikerjakan
      - Menu Bar : daftar menu yang masing-masing terdiri dari beberapa perintah
      - Standard Menu : ikon dan menu untuk menangani file, menyisipkan objek gambar atau grafik.
      - Formatting Menu : ikon dan menu yang berhubungan dengan peraturan huruf atau tulisan.
      - Slide Sorter View : Menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk ukuran kecil.
      - Slide Show : menampilkan tayangan sebuah slide
      - Drawing Menu : menu yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pembuatan ataupun pengaturan            gambar.
8. Untuk membuat slide-slide yang akan ditampilkan dalam persentasi, buatlah perencanaan sesuai dengan         materi presentasi yang akan disajikan lebih dahulu.
9. Untuk memasukan text box,Word Art, gambar, Clip art, atau AutoShapes, gunakan menu Insert
10. Cara Menyisipkan Word Art ke dalam Slide :
      - Klik Word Art
      - Pilih Word Art yang diinginkan,lalu ketik teks yang akan ditampilkan.
      - Klik Ok
11. Cara menyisipkan AutoShapes :
      - Klik Menu Insert
      - Klik Picture
      - Pilih AutoShapes
12. Slide dapat ditambahkan efek khusus seperti gradient,texture,patern,dan picture untuk background
13. Design Template adalah Background yang telah disediakan oleh Microsoft PowerPoint.
14. Cara mengganti design template :
      - Klik Menu Format
      - Klik Slide Design
      - Pilih Design Template,kemudian pilih design yang diinginkan,lalu klik OK.
15. Cara Menambahkan Background untuk slide
       - Aktifkan Menu Format
       - Pilih Background,lalu pilih Fill Effect
       - Pilih tab Texture,lalu pilih jenis tekstur dan klik OK
       - Klik Apply untuk menambahkan background pada slide atau Apply to All untuk menambahkan pada            semua slide
16. Cara singkat menambahkan animasi dan efek suara pada slide :
      Slide Show -> Custom Animation
17. Mengatur Transisi Antarslide
      - Aktifkan menu Slide Show
      - Klik Slide Transition
      - Isi aturan yang diinginkan,lalu klik OK
18. Tombol Aksi adalah tombol yang dibuat untuk mengerjakan perintah tertentu sesuai dengan hyperlink           yang dibuat.
19. Cara Menambahkan tombol aksi pada slide :
     - Pilih slide yang akan ditempati tombol aksi
     - Pada menu Slide show,pilih Actions Buttons
     - Pilih tombol aksi yang diinginkan,seperti Home,Movie,Return
     - Klik pada slide untuk menampilkan tombol aksi
     - Pastikan bahwa Hyperlink to terpilih
     - Klik Ok.
20. Menampilkan presentasi :
      Slide Show -> View Show

0 Response to "Tugas T.I.K"

Posting Komentar